Skip to content

VISI DAN MISI

Pengawas Sekolah (Pengawas Satuan Pendidikan) adalah pegawai negeri sipil yang di beri tugas, tanggung jawab dan wewenang secara penuh oleh pejabat yang berwewenang untuk melakukan pengawasan pendidikan di sekolah dengan melaksanakan penilaian dan pembinaan dari segi teknis pendidikan dan administrasi pada satuan pendidikan pra sekolah, dasar dan menengah. Pengawas pada pendidikan formal dilakukan oleh Pengawas Satuan Pendidikan. Pengawas Satuan Pendidikan adalah guru yang diangkat menjadi Pengawas Satuan Pendidikan. Dalam hal ini untuk selanjutnya pengawas sekolah (pengawas satuan pendidikan) di sebut dengan Pengawas.

VISI

Mitra guru dan Kepala Sekolah untuk meningkatkan kemampuan profesional serta mempertinggi kinerja dan hasil kerja.

MISI

Menjadi inovator, kolaborator, motivator, asesor, konselor, peneliti dan konsultan dalam penyelenggaraan pembelajaran di Satuan Pendidikan.

Untuk mencapai visi dan misi diharapkan pengawas :

1. Memahami kedudukannya sebagai pengawas.

2. Memahami 6 (enam) kompetensi pengawas.

3. Memahami tugas pokok dan fungsi sesuai dengan jenjang jabatannya.

4. Menyususn Program Tahunan dan Semester untuk sekolah binaan.

5. Memperkirakan waktu pelaksanaan penilaian dan pembinaan sekolah.

6. Mengarahkan sasaran kegiatan pembinaan akademik dan manajerial.

7. Memberi motivasi untuk pembinaan akademik dan manajerial.

8. Pembinaan intensif baik akademik maupun manajerial.

9. Melaksanakan kendali mutu pendidikan (Total Quality Management)

10. Peran sebagai Quality Assurance Auditor.

(Drs. H. BUKHARI IS, MM. Koordinator Pengawas Sekolah Kabupaten Labuhanbatu).

One Response Leave One →
  1. August 4, 2010

    Pengawas sekolah sebagai mitra guru dan kepala sekolah hendaknya memiliki program kerja yang jelas untuk menggandeng para guru dan kepala sekolah di Labuhanbatu untuk melakukan perubahan paradigma pembelajaran dari pola – pola lama ke pola – pola baru sesuai dengan tuntutan kurikulum.
    Pengawas tidak tegak sebagai sosok yg menakutkan tetapi sebagai sosok sahabat para guru dan kepala sekolah untuk duduk dan berjalan bersama melakukan perubahan demi anak bangsa.

    Yth. Bapak Drs. Sufriady.
    Terima kasih atas sarannya dan insya Allah pengawas Labuhanbatu mempunyai program dan tidak menakutkan dan kepada rekan pengawas kiranya dapat membuat program yang menyentuh terhadap peningkatan akademik dan manajerial.
    Oleh karena itu dalam blog pengawas ini diinformasikan beberapa peraturan dan kemampuan yang harus dimiliki oleh pengawas dan calon pengawas.
    Dan kami mengharapkan kepada kepala sekolah dan guru untuk memanfaatkan kehadiran pengawas pada saat kunjungan ke sekolah, terimakasih atas kerjasamanya (Korwas Labuhanbatu)

Leave a Reply